RSS

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

08 Oct

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Pengertian Informasi

  • Informasi merupakan data yang telah diberi makna melalui konteks. Data itu sendiri terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Oleh sebab itu informasi dikatakan sebagai data yang sudah diproses, data yang sudah memiliki makna, dan data yang ditempatkan pada suatu konteks. Informasi yang baik itu harus relevan, tepat waktu, akurat, mengurangi ketidakpastian, dan mengandung elemen yang baru.
  • Sedangkan sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Elemen-elemen tersebut terdiri dari input, proses, dan output. Ketiga nya berinteraksi membentuk mekanisme kontrol untuk mencapai sebuah tujuan.

Oleh sebab itu informasi dapat berkaitan dengan sistem, karena informasi biasanya dikatakan sebagai input untuk sebuah sistem.

Pengertian Sistem Informasi Psikologi

Sistem informasi tidak selamanya melibatkan komputer, sistem informasi yang biasanya memegang komputer sebagai peran penting biasa disebut CBIS (computer based information system). Namun, dalam prakteknya sistem informasi selalu dikaitkan dengan komputer. Sistem informasi sendiri merupakan sistem terbuka yang menghasilkan informasi dengan menggunakan siklus : Input – Proses – Output.

Sedangkan psikologi merupakan kata yang bersumber dari bahasa Yunani, yaitu : Psyche yang berarti jiwa, dan Logos yang berarti ilmu. Sehingga psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan atau gejala-gejala tentang kejiwaan (perilaku).

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi yaitu suatu sistem yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menganalisis, dan menyebarkan informasi yang berkaitan dengan perilaku manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh Kasus :

Aptitude Test di desain untuk mengindikasikan kecocokan seseorang dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu (potensi), yang menggunakan komputer dalam pengerjaannya. Peserta tes mengerjakan beberapa soal dengan waktu yang ditentukan, komputer akan memproses hasil jawaban tersebut hingga akhirnya keluar hasil yang sesuai dengan potensi yang dimiliknya tersebut. Sama hal nya dengan Pauli Test, yang cara men-skoring dengan menggunakan komputer. Data hasil test dimasukan ke dalam komputer sesuai dengan langkah-langkah yang ada, kemudian komputer akan memproses data-data tersebut hingga keluar hasil dari pemrosesan data tersebut yaitu berupa grafik, dll.

Analisis :

Dari contoh diatas, saat ini media komputer sangat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Dimana beberapa tes psikologi dapat diakses melalui komputer. Hal ini sangat membantu manusia dalam hal penginputan data, pemrosesan data, hingga mendapatkan output data yaitu hasil test atau hasil skoring dari dua jenis contoh test diatas.

Pada kesimpulannya, sebuah sistem akan mengubah suatu data menjadi suatu informasi yang akan diterima oleh masyarakat, yaitu : Input – Process – Output. Data-data tersebut akan dimasukan dan diproses oleh komputer hingga mengeluarkan hasil atau output berupa informasi yang bermanfaat.

 

Sumber :

http://bima.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3331/SISTEM+INFORMASI.ppt

http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi

http://sitinurmala-mala.blogspot.com/2011/02/sistem-informasi-psikologi.html

 
Leave a comment

Posted by on October 8, 2013 in Tugas

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: