RSS

MENGULAS JURNAL MENGENAI PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET PADA KALANGAN REMAJA DI PERKOTAAN

02 Jan

Pada tugas saya kali ini saya akan mengulas sebuah jurnal mengenai perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja di perkotaan khususnya. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa remaja pada saat ini sudah terdoktrin pada penggunaan internet, entah itu pada jejaring social, atau bahkan pada game online. Oleh sebab itu saya ingin mengulas jurnal tersebut agar memberikan pemahaman informasi atau gambaran bagi kalangan orang tua atau institusi pendidikan agar bisa membuat kebijakan yang mengarahkan secara positif pada kalangan remaja di perkotaan dalam menggunakan internet. Mari yuukk disimak..

MENGULAS JURNAL MENGENAI PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET PADA KALANGAN REMAJA DI PERKOTAAN

Internet memang membawa begitu banyak kemudahan kepada penggunanya. Beragam akses terhadap informasi dan hiburan dari berbagai penjuru dunia dapat dilakukan melalui satu pintu saja. Internet juga dapat menembus batas dimensi kehidupan penggunanya, waktu, dan bahkan ruang sehingga internet dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Begitu mudahnya sampai seringkali pengguna internet tidak percaya dengan hal-hal, ide-ide besar atau informasi penting yang tersimpan di belantara situs-situs internet. Namun, dibalik kemudahannya tersebut kehadiran internet juga dapat membawa sisi buruk bagi penggunanya. Yang paling nyata dan merusak adalah item-item asusila yang tak bermoral yang dengan mudah dapat diakses di jaringan internet.

Remaja sebagai salah satu pengguna internet tidak seperti orang dewasa pada umumnya, mereka tidak bisa memfilter mana yang baik dan mana yang buruk buat mereka. Mereka belum mampu untuk memilih mana aktifitas yang bermanfaat dari internet, mereka juga cenderung mudah terpengaruh oleh lingkungan sosial mereka tanpa mempertimbangkan terlebih dulu efek positif atau negatiif yang akan diterima saat melakukan aktivitas internet tertentu. Dilihat dari perkembangan usianya, remaja tingkat SMP dan SMA merupakan remaja awal yang sedang berada di dalam krisis identitas, cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru, mudah terpengaruh dengan teman-teman sebayanya (peer groups), dan juga mulai suka memperluas hubungan antara pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa dengan teman sebaya, baik laki-laki maupun perempuan (Moenks dan Knoers: 2006, dan Sarwono, 2004: 24). Oleh karena itu, perkembangan internet yang cukup pesat disertai minat yang besar dapat memberikan hasil yang baik maupun buruk bagi mereka tergantung dari aktivitas online yang mereka lakukan sewaktu mereka mengakses internet.

Kini internet sudah diterima dan masuk sekolah-sekolah di Indonesia, tak terkecuali di SMP dan SMA. Salah satu bukti yang tidak terbantahkan adalah adanya materi penggunaan internet pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang harus dipelajari siswa-siswi SMP saat menduduki kelas IX, sehingga membuat pihak sekolah harus memiliki laboratoriumkomputer yang terkoneksi internet sebagai sarana utama penunjang mata pelajaran tersebut. Apalagi, saat ini sekolah-sekolah di Indonesia, baik negeri maupun swasta, mulai marak berpoles diri menuju Sekolah Berstandar Internasional (SBI) –dimana untuk menjadi SBI, salah satu persyaratannya adalah fasilitas penunjangnya pun harus berstandar internasional, yakni mengembangkan model pembelajaran ICT (Information and Communication Technology). Artinya, pendidikan berbasis teknologi akan dieksplorasi sedalam-dalamnya dalam memberikan pembelajaran pada peserta didik. Jadi, dengan adanya pemanfaatan internet di sekolah ini diharapkan akan semakin mendekatkan sumber informasi kepada guru dan peserta didik mereka sehingga mereka memperoleh kemudahan mengakses informasi dari berbagai sumber, khususnya yang berkaitan dengan materi yang paling mutakhir di bidang pendidikan atau pembelajaran.

Merupakan suatu hal yang wajar bila para pihak sekolah di Indonesia menghadapi dilema yang sangat besar karena mereka merasa takut jika para siswa nya mudah terpengaruh dampak negative yang ditimbulkan oleh penggunaan internet, terutama pengaruh buruk seperti pornografi terhadap kalangan remaja.

Selain itu juga, Terkait dengan hadirnya internet yang telah terintegrasi dalam kehidupan keseharian mereka, perubahan perkembangan kognitif dan sosial pada remaja ini tentunya juga akan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku mereka dalam menggunakan internet.Memasuki masa remaja ini, seseorang mulai mengalami beberapa perubahan, diantaranya adalah  perubahan perkembangan kognitif dan sosial dalam diri individu yang akan mempengaruhi perilaku, sikap dan nilai-nilai sepanjang masa remaja (Mukhtar, dkk: 2003).

Oleh karena itu, para orang tua harus lebih bijaksana dalam menghadapi keinginan putra-putrinya untuk mengakses internet. Selain harus mengawasi putra-putrinya mengakses internet, para orang tua setidaknya juga harus mengetahui atau mengenal internet. Para orang tua juga harus mengetahui bagaimana atau cara-cara untuk melakukan kegiatan online. Contohnya, jika putra-putrinya mengakses suatu situs maka orang tua juga harus bisa. Sehingga peran orang tua di sini lebih maksimal karena mereka bisa menjadi teman berbagi atau bertanya jika mendapat kesulitan. Dan juga bisa mengarahkan kepada para remaja mereka untuk dapat menggunakan fasilitas internet secara positif :))

Sumber :

http://palimpsest.fisip.unair.ac.id/images/pdf/astutik.pdf

 

 
5 Comments

Posted by on January 2, 2012 in Tugas

 

Tags:

5 responses to “MENGULAS JURNAL MENGENAI PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET PADA KALANGAN REMAJA DI PERKOTAAN

  1. mahesa

    January 3, 2012 at 1:24 PM

    wah panjang jg pembahasan.
    baydewey nice inpoh sista !!

     
  2. Erwin Siregar

    January 3, 2012 at 1:39 PM

    panjang, lebar, tpi berisi,,
    it’s important🙂

     
  3. ilham al azam

    January 3, 2012 at 2:11 PM

    semoga para pengguna internet menggunakan internet untuk hal positif..

     
  4. Mujahadah AlBashry

    January 3, 2012 at 2:22 PM

    Ok deh.. sbgai calon ibu q juga prihatin dgn kesalahpahaman penggunaan internet saat ini. Yg penting tanamkan basic untuk menguatkan iman mrk, jdi x klo mrka udah ad pegangan, kita x sndiri juga ga bakalan gelabakan menyikapi keinginan mrk… Thx for your writing today, Sista…🙂

     
  5. Ichsan

    January 3, 2012 at 3:00 PM

    semoga tulisannya bermanfaayt

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: