RSS

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

23 Nov

Hmm klo membahas tentang manusia dan pandangan hidup so pasti semua manusia punya pandangan hidup ke depan kan??mau seperti apa nanti kita kedepannya atau mau bagaimana nanti kita di masa depan..Saya akan membahas apa sihh sebenernya pandangan hidup itu..So,,Disimak yaaaa….

 

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu is menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasaikan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.

Dalam berpandangan hidup kita memerlukan suatu tujuan agar tercapai dengan baik, yaitu :

  • CITA – CITA

Cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Tercapai atau tidaknya cita – cita tersebut tergantung dari 3 faktor, yaitu : dari faktor manusia itu sendiri, faktor kondisi, dan tingginya cita – cita yang diinginkan.

  • KEBAJIKAN ATAU KEBAIKAN

Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.
Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, manusia makhluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik
Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan. Sebagai mahluk pribadi, manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk.

  • USAHA / PERJUANGAN

Usaha/perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Tanpa usaha/perjuangan, manusia tidak dapat hidup sempurna. Untuk bekerja keras manusia dibatasi oleh kemampuan. Karena kemampuan terbatas itulah timbul perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia satu dan manusia lainnya. Kemampuan itu terbatas pada fisik dan keahlian/ketrampilan.

  • KEYAKINAN ATAU KEPERCAYAAN

Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuaasaan Tuhan. Dalam mencapai cita-cita sebagai pandangan hidup kedepan kita harus memiliki rasa yakin dan percaya pada Allah. Karena dengan keyakinan tersebut kita percaya bahwa kita pasti bisa dalam mencapai cita-cita.

 

Manusia pasti mempunyai pandangan hidup walau bagaimanapun bentuknya. Bagaimana kita memeperlakukan pandangan hidup itu tergantung pada orang yang bersangkutan. Ada yang memperlakukan pandangan hidup itu sebagai sarana mencapai tujuan dan ada pula yang memperlakukaan sebagai penimbul kesejahteraan, ketentraman dan sebagainya. pandangan hidup sebagai sarana mencapai tujuan dan cita-cita dengan baik.

http://irfanrahman.wordpress.com

 

 
Leave a comment

Posted by on November 23, 2010 in Tugas

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: