RSS

MANUSIA DAN CINTA KASIH

27 Oct

Alhamdulillah,,akhirnya sampe juga pada tugas saya yang ke empat..kali ini tugas pada mata kuliah Ilmu Budaya Dasar menceritakan tentang Manusia dan Cinta Kasih lho..Pastinya klo berhubungan dengan cinta langsung berbunga-bunga dehh..Ternyata cinta gak hanya kepada pasangan lho,,tapi cinta juga bisa kepada Allah, Orang Tua, Teman, Sahabat, maupun kepada Diri Sendiri..Nah disini saya akan membahas makna dari Cinta atau Kasih sayang..Mau tauuu??? Silahkan di simak yang satu ini..

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta kasih itu sebenarnya sulit untuk diterangkan secara jelas. Dan juga tidak dapat diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Tidak pernah selintaspun orang berfikir bahwa itu tidak penting. Meskipun demikian hampir setiap orang tidak pernah berfikir tentang apa dan bagaimana cinta itu, padahal berfikir tentang cinta, menurut Frich Fromm diibaratkan sebagai suatu seni, yang sebagaimana bentuk seni yang lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk biasa menggapainya. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 38-40

PENGERTIAN CINTA

Cinta dan kasih sayang ternyata saling berhubungan. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta, karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Setiap orang pernah mengalami rasa kasih sayang, karena sejak lahir pun ia sudah mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan orang-orang sekitar. Namun menurut W.J.S. Purwodarminto, kasih sayang diartikan sebagai perasaan sayang, cinta atau suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri juga sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Padahal dalam kasih sayang masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh.

WUJUD RASA CINTA :

Cinta kepada ALLAH SWT

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah dan berjihad di jalan Allah. Karena Allah adalah dzat yang maha sempurna, tak ada satupun selain Dia yang memiliki kesempumaan sifat-sifat tersebut. Bagi setiap orang Islam yang bertakwa, sudah menjadi keharusan bahwa cinta kepada Allah adalah merupakan cinta yang tidak ada duanya. Hal ini merupakan keharusan dalam Islam. Bahkan itu pendorong utama di dalam menunjang tinggi agama. Maka dengan ketulusan iman yang sejati itulah yang harus diikuti karena dialah yang maha tinggi, maha sempurma dan maha agung.

Cinta kepada sesama

Setiap orang pasti mempunyai rasa cinta atau kasih sayang. Begitu juga hal nya dengan cinta kepada sesama. Di dunia ini pastinya kita tidak bisa hidup sendiri,karena kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan kasih sayang dari orang tua, pasangan, teman, sahabat, saudara, anak. Dan kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari orang lain jika kita sedang mengalami kesulitan, dan sebaliknya kita juga harus saling membantu, bergotong royong,dan lain sebagainya. Itulah wujud kasih sayang kita kepada sesama manusia.

 
Leave a comment

Posted by on October 27, 2010 in Tugas

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: