RSS

MANUSIA DAN BUDAYA

24 Oct

Alhamdulillah post pertama saya selesai juga akhirnyaa..yippiiiee..sekarang lanjut lagii nihh di tugas kedua saya..marii marii dilihat..

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA

Manusia di muka bumi ini diciptakan dengan sesempurna penciptaan,,dengan sebaik-baik bentuk yang dimilikinya..oleh karena itu pandai-pandai bersyukurlah pada Yang Maha Pencipta..Kehidupan manusia di bumi ini juga sangatlah complex,,begitu pula hubungan yang terjadi pada manusia sangatlah luas..Dari hubungan yang terjadi antara manusia dengan manusia,,manusia dengan alam,,manusia dengan makhluk hidup yang ada di alam,,sampai hubungan manusia dengan penciptanya..Disini saya akan membahas pula hubungan manusia dengan budayanya..

PENGERTIAN MANUSIA

Secara bahasa manusia berasal dari bahasa sansekerta “manu”, dan dari bahasa latin “mens”, yang berarti berpikir, atau makhluk yang berakal budi. Namun dari secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, dan sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.

Manusia adalah makhluk paling sempurna di muka bumi ini. Manusia diberi akal pikiran untuk dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sesungguhnya manusia diciptakan untuk menjadi khalifah dimuka bumi.Dan tujuan manusia diciptakan adalah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengelola bumi.

PROSES TERBENTUKNYA MANUSIA :

1.    Satu dari 500 million sperma yang dikeluarkan,  masuk menembus m embran yang melindungi telur.

2.    Sekali telur terbuahi tidak ada sperma lain yang bisa masuk.

3.    Beberapa minggu setelah pembuahan, embrio berkembang dan  akan membentuk kepala dan otak.

4.    S elanjutnya akan berkembang menyerupai makhluk hidup. Dan akan mulai terbentuk mata,hidung,bibir,tangan,kaki,dll hingga janin tersebut siap untuk dilahirkan. www.main.man3malang.com

UNS UR-UNSUR MANUSIA :

Di dalam tubuh manusia terdapat 3 unsur pembentuk manusia yang terdiri dari :

  1. Jasmani ( Terdiri dari Air, Tanah, api, angin, dan kapur )
  2. Ruh = untuk menghidupkan jasmani.
  3. Jiwa
    Terdiri atas 3 unsur: 

    • Syahwat/Lawwamah (darah hitam) = Menjadi beban masyarakat.
    • Ghodob/Ammarah ( Darah merah ) = Menjadi pengacau masyarakat.
    • Natiqoh/Muthmainah (darah Putih ) = Menciptakan kedamaian dan kasih sayang www.spiritual.8m.com

PENGERTIAN BUDAYA

Budaya berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu “buddhayah, kata budaya merupakan bentuk jamak dari kata buddhi (budi atau akal) dan dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal pikiran manusia.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi karena budaya terbentuk dari sistem agama, politik, bahasa, adat istiadat dan karya seni. Budaya juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang menganggapnya bahwa budaya diwariskan secara genetis.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Oleh karena itu para ahli juga mengemukakan pendapat tentang pengertian kebudayaan,yaitu sebagai berikut :

  • Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain.
  • Andreas Eppink memandang kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial,dan  religius, dan segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
  • Edward Burnett Tylor memandang kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, dan adat istiadat.
  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi memandang kebudayaan merupakan  sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. www.id.wikipedia.org

HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DENGAN BUDAYANYA

Seperti yang kita tahu bahwa manusia sebagai makhluk yang paling sempurna bila dibanding dengan makhluk lainnya, dan manusia juga mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengelola bumi. Karena manusia diciptakan untuk menjadi khalifah di bumi. Oleh karena itu manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kekhalifahannya disamping tanggung jawab, etika moral, dan akhlaq juga harus dimiliki. Akhlak menjadi penyebab punahnya suatu bangsa, dikarenakan jika akhlak suatu bangsa sudah terabaikan, maka peradaban dan budaya bangsa tersebut akan hancur dengan sendirinya. Oleh karena itu untuk menjadi manusia yang berbudaya, harus memiliki ilmu pengetahuan, tekhnologi, budaya serta akhlak yang tinggi karena sebagai tata nilai budaya.

Disinilah peran manusia sebagai makhluk yang diberi segala kelebihan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang kita miliki agar kebudayaan kita dapat membentuk suatu kebudayaan yang bermartabat dan bernilai tinggi. Karena  setiap kebudayaan akan bernilai tatkala manusia sebagai masyarakat mampu melaksanakan norma-norma yang ada sesuai dengan tata aturan agama.

www.ridwan202.wordpress.com

 
Leave a comment

Posted by on October 24, 2010 in Tugas

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: