RSS

Monthly Archives: October 2010

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Alhamdulillah,,akhirnya sampe juga pada tugas saya yang ke empat..kali ini tugas pada mata kuliah Ilmu Budaya Dasar menceritakan tentang Manusia dan Cinta Kasih lho..Pastinya klo berhubungan dengan cinta langsung berbunga-bunga dehh..Ternyata cinta gak hanya kepada pasangan lho,,tapi cinta juga bisa kepada Allah, Orang Tua, Teman, Sahabat, maupun kepada Diri Sendiri..Nah disini saya akan membahas makna dari Cinta atau Kasih sayang..Mau tauuu??? Silahkan di simak yang satu ini..

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta kasih itu sebenarnya sulit untuk diterangkan secara jelas. Dan juga tidak dapat diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Tidak pernah selintaspun orang berfikir bahwa itu tidak penting. Meskipun demikian hampir setiap orang tidak pernah berfikir tentang apa dan bagaimana cinta itu, padahal berfikir tentang cinta, menurut Frich Fromm diibaratkan sebagai suatu seni, yang sebagaimana bentuk seni yang lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk biasa menggapainya. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 38-40

PENGERTIAN CINTA

Cinta dan kasih sayang ternyata saling berhubungan. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta, karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Setiap orang pernah mengalami rasa kasih sayang, karena sejak lahir pun ia sudah mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan orang-orang sekitar. Namun menurut W.J.S. Purwodarminto, kasih sayang diartikan sebagai perasaan sayang, cinta atau suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri juga sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Padahal dalam kasih sayang masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh.

WUJUD RASA CINTA :

Cinta kepada ALLAH SWT

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah dan berjihad di jalan Allah. Karena Allah adalah dzat yang maha sempurna, tak ada satupun selain Dia yang memiliki kesempumaan sifat-sifat tersebut. Bagi setiap orang Islam yang bertakwa, sudah menjadi keharusan bahwa cinta kepada Allah adalah merupakan cinta yang tidak ada duanya. Hal ini merupakan keharusan dalam Islam. Bahkan itu pendorong utama di dalam menunjang tinggi agama. Maka dengan ketulusan iman yang sejati itulah yang harus diikuti karena dialah yang maha tinggi, maha sempurma dan maha agung.

Cinta kepada sesama

Setiap orang pasti mempunyai rasa cinta atau kasih sayang. Begitu juga hal nya dengan cinta kepada sesama. Di dunia ini pastinya kita tidak bisa hidup sendiri,karena kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan kasih sayang dari orang tua, pasangan, teman, sahabat, saudara, anak. Dan kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari orang lain jika kita sedang mengalami kesulitan, dan sebaliknya kita juga harus saling membantu, bergotong royong,dan lain sebagainya. Itulah wujud kasih sayang kita kepada sesama manusia.

 
Leave a comment

Posted by on October 27, 2010 in Tugas

 

Tags:

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

Pada post-post saya yang sebelumnya pastinya sudah tau dong yah ilmu budaya dasar itu apa..Nah sekarang saya akan coba membahas apa itu sastra??dan apa hubungannya sastra dengan ilmu budaya dasar?? Disimak yaaaa…

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan mampu untuk memberikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Dan disini saya akan membahas sedikit tentang sastra.

PENGERTIAN SASTRA

Sastra berasal dari Bahasa Sansekerta śāstra”,yang berarti teks atau pedoman. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut “kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Sastra dibagi menjadi dua,yaitu sastra tertulis dan sastra lisan.

 

 

Pengertian Sastra menurut :

1.      Mursal Esten menyatakan bahwa Sastra adalah pengungkapan dari fakta artistic dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia dan masyarakat melalui bahasa sebagai medium dan punya efek yang positif terhadap kehidupan manusia.

2.      Tarigan menyatakan bahwa Sastra adalah merupakan objek bagi pengarang dalam mengungkapkan gejolak emosinya.

3.      Darmono menyatakan bahwa Sastra adalah menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social. http://www.scribd.com/doc/31552799/Pengertian-Sastra-Menurut-Para-Ahli Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on October 25, 2010 in Tugas

 

Tags:

MANUSIA DAN BUDAYA

Alhamdulillah post pertama saya selesai juga akhirnyaa..yippiiiee..sekarang lanjut lagii nihh di tugas kedua saya..marii marii dilihat..

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA

Manusia di muka bumi ini diciptakan dengan sesempurna penciptaan,,dengan sebaik-baik bentuk yang dimilikinya..oleh karena itu pandai-pandai bersyukurlah pada Yang Maha Pencipta..Kehidupan manusia di bumi ini juga sangatlah complex,,begitu pula hubungan yang terjadi pada manusia sangatlah luas..Dari hubungan yang terjadi antara manusia dengan manusia,,manusia dengan alam,,manusia dengan makhluk hidup yang ada di alam,,sampai hubungan manusia dengan penciptanya..Disini saya akan membahas pula hubungan manusia dengan budayanya..

PENGERTIAN MANUSIA

Secara bahasa manusia berasal dari bahasa sansekerta “manu”, dan dari bahasa latin “mens”, yang berarti berpikir, atau makhluk yang berakal budi. Namun dari secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, dan sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.

Manusia adalah makhluk paling sempurna di muka bumi ini. Manusia diberi akal pikiran untuk dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sesungguhnya manusia diciptakan untuk menjadi khalifah dimuka bumi.Dan tujuan manusia diciptakan adalah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengelola bumi.

PROSES TERBENTUKNYA MANUSIA :

1.    Satu dari 500 million sperma yang dikeluarkan,  masuk menembus m embran yang melindungi telur.

2.    Sekali telur terbuahi tidak ada sperma lain yang bisa masuk.

3.    Beberapa minggu setelah pembuahan, embrio berkembang dan  akan membentuk kepala dan otak.

4.    S elanjutnya akan berkembang menyerupai makhluk hidup. Dan akan mulai terbentuk mata,hidung,bibir,tangan,kaki,dll hingga janin tersebut siap untuk dilahirkan. www.main.man3malang.com Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on October 24, 2010 in Tugas

 

Tags:

APA ITU IBD???

Banyak dari kita khususnya mahasiswa yang ingin melengkapi tugas-tugas kuliahnya bertanya-tanya apa sih IBD itu???? Saya disini akan sedikit menjelaskan pengertian IBD dan anak cucunya..IBD adalah singkatan dari Ilmu Budaya Dasar..Dan untuk lebih jelasnya mari kita simak yang berikut ini..

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Pertama kali Istilah ilmu budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah “basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah tersebut  berasal dari bahasa latin “humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diaharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. www.anneahira.com

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang dasar dasar kebudayaan. Secara umum pengertian kebudayaan adalah jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani dengan tujuan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah manusia dan kebudayaan sehari-hari. www.dymclover.blogspot.com

Definisi kebudayaan mengandung beberapa pokok-pokok, antara lain :

1.      Kebudayaan yang sangat beragam

2.      Kebudayaan didapat dan dapat diteruskan melalui pelajaran

3.      Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi, dan sosiologi

4.      Kebudayaan terbagi dalam beberapa aspek, yaitu : kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah, dan budaya nasional.

LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR

Yang melatarbelakangi ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, Negara, dan masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
  2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga mental manusiapun akan terkena pengaruhnya. Dan akan menimbulkan konflik dalam kehidupan.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif. Akibatnya , manusia kini menjadi resah dan gelisah akibat kemajuan teknologi tersebut. Read the rest of this entry »
 
2 Comments

Posted by on October 23, 2010 in Tugas

 

Tags:

Hello world!

haiii haaiiii…

akhirnyaa punya blog jugaa..haha

makasii buat bapak dosen softskill yang uda nyuruh saya buat tugas..hehe..mungkin klo gak ada tugas gw gak bakal bikin blog ini,,maklum lahh gw gak begitu suka nulis..tapi untuk saat ini gw akan mencoba nulis untuk banyak hal..hoho

mohon bantuannya yaaaa…..

 
1 Comment

Posted by on October 2, 2010 in Uncategorized

 

Tags: